Senin, 18 Juli 2016

Hipertensi dalam Kehamilan: Fakta Yang Perlu Anda Ketahui!

Tekanan darah tinggi dan kehamilan sebenarnya bukan kombinasi yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang hipertensi dalam kehamilan.

Apakah jenis hipertensi dalam kehamilan itu berbeda beda?

Ada beberapa jenis tekanan darah tinggi yang sering terjadi saat hamil:
  1. Gestational hypertension
    Jenis hipertensi ini terjadi setelah masa kehamilan 20 minggu. Saat terjadi, tidak ada kelebihan protein yang keluar bersama urin ataupun luka pada organ. namun wanita yang mengalami tekanan darah tinggi seperti ini cenderung akan mengalami preeklamsia.

  2. Hipertensi kronis
    Hipertensi ini terjadi sebelum masa kehamilan. Namun karena tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apapun, jadi sedikit sulit untuk menentukan dimulainya kelainan ini.

  3. Hipertensi kronis dengan preeklamsia berlapis
    Kondisi ini terjadi jika seorang wanita dengan tekanan darah tinggi sebelum masa kehamilan, memburuk kondisinya saat masa kehailan.

  4. Preeklamsia Terkadang hipertensi kronis atau gestational hypertension dapat mengakibatkan preeklamsia. Ciri dari kondisi ini adalah tingginya tekanan darah yang diikuti dengan tanda tanda kerusakan pada sistem organ- biasanya terjadi stelah usia keandungan 20 minggu. Jika tidak dirawat dengan baik, preeklamsia dapat mengarah pada kondisi yang serius, bahkan dapt membahayakan keselamatanibu dan bayi yang dikandungnya.

Apa yang perlu saya tahu tentang preeklamsia?

Preeklamsia terkadang terjadi tanpa ada gejala apapun. Tekanan darah dapat meningkat perlahan. namun seringkali tekana darah dapat naik tiba tiba. Karena itu, memeriksa tekanan darah anda merupakan bagian yang penting dalam proses kehamilan. Tekanan darah 140/90 mm Hg atau lebih dianggap tidak normal dan membutuhkan penangan lebih lanjut. Tanda dan gejala preeklamsia lainnya antara lain:
  • Keluarnya protein melalui urin atau tanda lainnya yang menunjukkan masalah pada ginjal
  • Sakit kepala parah
  • Perubahan daya lihat, termasuk kebutaan sementara, pandangan kabur atau peka terhadap cahaya.
  • Sakit pada bagian perut atas, biasanya dibawah rusuk kanan
  • Pusing atau muntah
  • Berkurangnya volume urin
  • Menurunnya tingkat trombosit dalam darah
  • Gagalnya fungsi hati
  • Nafas yang pendek, yang diakibatkan oleh cairan dalam paru paru
Naiknya berat badan yang tiba tiba dan pembengkakan_khususnya pada wajah dan tangan-seringkali mengawali kondisi preeklamsia. Namun hal ini juga sering terjadi pada proses kehamilan normal. Jadi, tanda tanda terakhir ini tidak dianggap sebagai tanda preeklamsia.

Apakah boleh mengkonsumsi obat obatan hipertensi selama hamil?

Konsumsi obat obatan apapun dalam masa kehamilan dapat mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan. Walau beberapa jenis obat hipertensi dianggap aman dikonsumsi selama hamil, namun oabat obatn ini sebainya dihindari. Perawatan merupakan hal yang penting karena resiko serangan jantung,stroke, dan kondisi lainnya yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi masih mungkin terjadi selama masa kahamilan. Konsultasikan keluhan kesehatan yang anda alami kepada dokter anda.

Apa yang harus saya lakukan untuk mempersiapkan kehamilan

Jika anda memiliki hipertensi, sebaiknya konsultasikan kondisi anda pada dokter. Kondisi kesehatan anda akan dipantau dan anda akan diberikan saran dan anjuran agar anda dapt tetap melakukan program kehamilan.

Apa yang harus saya untuk mengurangi resiko komplikasi?

Cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah:
  • Buat jadwal periksa rutin
    Kunjungi dokter untuk memeriksa kondisi andasecara rutin selama masa kehamilan

  • Jangan lupakan pengobatan hipertensi anda
    Dokter akan memberikan pengobatan yang tidak membahayakan kandungan anda

  • Beraktivitaslah
    Lakukan kegiatan dan olahraga sesuai dengan anjuran dokter

  • Lakukan diet sehat
    Pilihlah makanan yang rendah kandungan sodiumnya

  • Pahami batasan anda
    Hindari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan narkoba. Konsultasikan pada dokter sebelum anda mencoba pengobatan baru.
Anda dapat mengunjungi dokter untukmendapatkan informasi lebih detail. yang terpenting dari semuanya, jangan abaikan kesehatan anda, terlebih saat anda mengidamkan kehadiran buah hati di tengah tengah keluarga. Jika anda ingin menambah atau mengkoreksi informasi dari artikel ini, silahkan dampaikan melalui kotak komentar yang tersedia dibawah artikel ini. SEMOGA BERMANFAAT n_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar